Home » , » Konsep Denah Rumah Menggunakan Skylight

Konsep Denah Rumah Menggunakan Skylight

 












Konsep Denah Rumah Ruang Tidur Menggunakan Skylight atau Atap kaca adalah jendela horizontal yang umumnya ditempatkan di atap bangunan, dan sering digunakan untuk pencahayaan dalam kamar tidur.


Hanya kaca jenis tempered dan laminated dengan ketebalan tertentu yang dapat dipergunakan. Jenis kaca tempered dan laminated relatif lebih kuat dan lebih aman dibanding  kaca biasa. Namun bukan berarti dengan menggunakan kaca tempered dan laminated dampak negatif kaca bisa hilang sama sekali. Perlakuan khusus sangat  dibutuhkan pada saat pemasangan dan penggunaannya.

Yang menarik pada atap kaca adalah, kala siang, atap kaca yang buram membuat ruangan terang tanpa jadi terlalu terik. Meskipun begitu, bahan ini cenderung menghantarkan panas ke ruang bawah, sehingga perlu bukaan yang cukup untuk aliran udara.Dalam pemasangannya, kita harus memperhatikan beberapa hal. Agar tahan cuaca, gunakan kaca berketebalan minimal 10mm. Konstruksi atap sebaiknya landai, dengan kemiringan sekitar 2-3 derajat.  Rangka bisa terbuat dari besi pelat siku dengan jarak antarbatang penahan kaca sekitar 50cm.

Perawatan kaca jenis ini sangat mudah. Cukup dengan membersihkannya secara rutin dengan air dan gosok kaca menggunakan lap yang direndam cairan sabun. Meski bagian bawahnya ditopang rangka atap, gunakan tongkat pendorong air di lantai untuk membersihkannya. Sebaiknya bentangan kaca tidak terlalu luas agar membersihkannya lebih mudah.

Ketika memilih sebuah Konsep Denah Rumah menggunakan skylight hal pertama yang kebanyakan orang lihat adalah bentuk. Jika Anda hanya membutuhkan cahaya matahari saja  kemungkinan Anda hanya membutuhkan sebuah panel kaca persegi atau persegi panjang datar saja untuk tujuam  tersebut. Akan tetapi jika Anda mencari sesuatu yang lebih menarik ada kubah berbentuk, berbentuk segi enam, melengkung, berbentuk piramida, berbentuk poligon, atau Anda dapat memiliki bentuk tertentu dibuat sesuai dengan spesifikasi anda sendiri, namun harga skylight akan semakin mahal dengan mengikuti bentuk yang lebih kompleks.

Mengaplikasikan atap jenis ini pada kamar mandi dapat memberikan sensasi yang unik. Namun, pastikan bukaan pada kamar mandi dapat mengakomodasi sirkulasi udara yang optimal, juga panas yang masuk melalui atap kaca. Anda dapat melapisinya dengan kaca film agar dapat mereduksi panas yang masuk.

Fungsi Konsep Denah Rumah Menggunakan Skylight antara lain :
Skylight memungkinkan sinar matahari  masuk ke dalam ruangan dan ini akan membuat ruangan kusam atau gelap terlihat lebih luas dan cerah.
Peningkatan cahaya alami dapat membantu mengurangi biaya energi secara keseluruhan.
Skylight dapat membantu mengatur suhu dalam ruang.
Skylight yang membuka juga dapat menyediakan ventilasi di kamar yang mungkin tidak berventilasi baik.

0 komentar:

Post a Comment